Welcome to my Blog!

Minggu, 27 Desember 2009

biologi: jaringan pada hewan

Ada empat tipe jaringan dasar yang membentuk tubuh semua hewan, termasuk tubuh manusia dan organisme multiseluler tingkat rendah seperti serangga.

Jaringan epitel.

Jaringan yang disusun oleh lapisan sel yang melapisi permukaan organ seperti permukaan kulit. Jaringan ini berfungsi untuk melindungi organ yang dilapisinya, sebagai organ sekresi dan penyerapan.


Jaringan pengikat.
Sesuai namanya, jaringan pengikat berfungsi untuk mengikat jaringan dan alat tubuh. Contoh jaringan ini adalah jaringan darah.


Jaringan otot.
Jaringan otot adalah salah satu dari empat jaringan dasar pembentuk tubuh hewan dan manusia. Jaringan ini berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Jaringan otot terbentuk atas tiga jenis otot yaitu:
*Otot lurik/ otot rangka
Otot jenis ini memiliki miofibril dengan garis gelap dan garis terang sehingga kelihatan seperti berlurik-lurik. Inti selnya ada banyak di bagian pinggir-pinggirnya. Otot ini bekerja secara sadar tetapi tidak tahan kelelahan. Otot lurik melekat pada sistem rangka.
*Otot polos/ otot licin
Otot polos memiliki miofibril yang homogen. Otot ini memiliki inti sel satu saja di tengah-tengah selnya. Otot polos bekerja secara tidak sadar , dan tahan kelelahan.
*Otot jantung
Otot ini hanya terdapat di jantung. Otot jantung memiliki lurik-lurik seperti otot lurik, tetapi intinya hanya satu. Otot ini bekerja secara tidak sadar, dan tahan kelelahan


Jaringan saraf.
adalah jaringan yang berfungsi untuk mengatur aktivitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar